Selamat Datang Di Website Suasana dikota santri, semoga hati anda sejuk seperti suasana dikota santri

Jumat, 23 November 2012

Periode Baru Fase Kedua



    Perkembangan kelembagaan Darul 'Ulum pada fase ini mengalami perubahan dan kemajuan sesuai dengan tuntutan managerial yang dikehendaki oleh kemajuan kelembagaan Darul 'Ulu, perkembangan itu bisa di lihat di bawah ini.
 > Perkembangan Kelembagaan
    Pada fase ini pembagian tugas kelembagaan lebih rinci dan disesuaikan dengan Profesi perseorangan yang duduk di personalia lembaga. Ada Yayasan Darul 'Ulum, Yayasan Universitas Darul 'Ulum dan ada Yayasan Thareqat Qodiriyah Wan Naqsyabandiyah yang berpusat di Darul 'Ulum. Masing - masing Yayasan / Lembaga terikat dengan nilai dan norma misi kelembagaan Darul 'Ulum yang termuat garis besar Khittkhah Trisula, yaitu suatu rangkuman nilai dan norma menjadi misi pendidikan Darul 'Ulum. Nilai tersebut bersumber dari nilai - nilai yang berada di Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Darul 'Ulum, Universitas Darul 'Ulum dan Thareqat Qodiriyah Wan Naqsyabandiyah. Jadi, pada periode ini Lembaga Pendidikan Darul 'Ulum lebih meningkatkan profesionalisme dalam kepengurusan kelembagaan yang di miliki Darul 'Ulum, antara lain :
    a. Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Darul 'Ulum
   b. Lembaga Universitas Darul 'Ulum
   c. Lembaga Thareqat Qodiriyah Wan Naqsyabandiyah yang berpusat di Darul 'Ulum
> Bidang Pendidikan 
    Lembaga Pendidikan Kejuruan pada babak ini lebih mendapat tekanan dikembangkan di samping Lembaga Pendidikan Umum dan Agama.
1. Pada tahun 1988 di buka program komputer.
2. Pada tahun 1989 di buka SMEA Darul 'Ulum.
3. Pada tahun 1991 dibuka Akademi Perawatan Darul 'Ulum
4. Pada tahun 1992 di buka Sekolah Teknik Menengah Darul 'Ulum
Pendidikan kejuruan di atas melengkapi lembaga - lembaga pendidikan di Darul 'Ulum yang telah berkembang pada periode baru fase pertama.
 Bidang Fisik Bangunan
    Tuntutan masyarakat akan kelayakan dalam penyelenggaraan pendidikan menyebabkan Pimpinan Darul 'Ulum berupaya secara maksimal dalam membangun sarana fisik demi menunjang siswa didik mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Usaha pembangunan fisik bisa dilihat dari penambahan ruang kelas dan perkuliahan, asrama dan ruang penunjang.
    Pada tahun 1986 dibangun gedung perkuliahan Fak. Hukum dan Teknik di Jombang, pada tahun 1987 gedung Fak. Tarbiyah di Jl. Rejoso Peterongan, pada tahun 1990 gedung pertemuan UNDAR berdiri dengan kapasitas 2.000 orang. Sementara di Pondok Pesantren Darul 'Ulum selama berturut turut dibangun gedung SMA Darul 'Ulum tahun 1986 bersamaan dengan gedung asrama Ibnu Siena, pada tahun 1987 dibangun SMA Putri bersama dengan asrama Raden Rahmat, pada tahun1989 dibangun gedung MAN Rejoso 7 lokal di MTsN 5 lokal bersamaan dengan asrama Bani Tamim dan Al Ghozali. Dan terakhir pada tahun 1992 dibangun gedung Akademi Keperawatan Darul 'Ulum.
    Semua Pembangunan sarana tersebut adalah upaya konkrit Darul 'Ulum dalam memberikan layanan pendidikan.
> Bidang Kepemimpinan
    Seperti telah dijelaskan pada diktum " Perkembangan Kelembagaan ", Kepemimpinan Darul 'Ulum pada periode ini tetap menggunakan sistem keluarga, artinya baik di Pondok, di Universitas maupun di Thareqat Qodiriyah Wan Naqsyabandiyah unsur pimpinannya terdiri atas unsur keluarga besar pendiri Darul 'Ulum yaitu KH. Tamim Irsyad, Beliau mempunyai tiga putra :
Pertama : Nyai Hj. Fatimah isri KH. Cholil
Kedua      : KH. Romly Tamim
ketiga      : KH. Umar Tamim
    Dari ketiga putra inilah secara tradisional mewarisi kepemimpinan Darul 'Ulum sampai pada fase kedua, sesuai dengan kemampuan dan keilmuan yang dimiliki. Di Pondok Pesantren Darul 'Ulum, kepemimpinan dipegang oleh lembaga Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul 'Ulum, di Unversitas Darul 'Ulum dipegang oleh pimpinan Yayasan dan Rektorium, sedangkan di Thareqat Qodiriyah Wan Naqsyabandiyah dipegang oleh Al-Mursyid.
    Adapun Kepemimpinan pada periode baru fase II di Pondok Pesantren Darul 'Ulum secara kolektif berada dalam lembaga Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul 'Ulum yang personalianya disusun secara struktural berdasarkan keilmuan dan senioritasnya. Lengkapnya adalah sebagai berikut :
Ketua Umum & Ketua Khusus Bid. Pendidikan :
KH. A. DIMYATHI ROMLY, SH
Sekretaris Umum :
Drs. KH. CHOLIL DAHLAN
Koord. Alumni dan Ikappdar :
KH. A. TAMIM ROMLY,SH., M.Si.
Koord. Bendahara Umum :
Drs. H. M. ZA'IMUDDIN WIJAYA AS'AD, SU.
Koord. Kesra dan Orkes :
Drs. H. MUH. IQBAL HASYIM
Koord. Pengajian dan Kepondokan :
H. M. HAMID BISRI, SE., M.Si.
Koord KAMTIB :
ROHMATUL AKBAR, ST
Koord. penelitian & Pengembangan Sarpras :
Dr. H. M. ZULFIKAR AS'AD, MMR 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar